Wednesday, August 28, 2013

Perjalanan Mudik Lebaran 2013 naik bis

Sudah hampir 3 tahun lamanya saya nggak menulis diblog ini, semenjak meninggalnya ibu tercinta,Baru sekarang saya menulis lagi.
Perjalanan Mudik kali ini sungguh diluar dugaan dan pengalaman baru untuk aku dan keluargaku yang tanpa persiapan .... Mudik tanggal 4 agustus 2013 hari Sabtu sore.
      A. Antrian Yang Panjang

       
 Rumor bahwa hari Sabtu ini merupakan puncak arus mudik tidak kami hiraukan, jam 4 sore kami sekeluarga naik taxi ke pool bis Sumber Alam Pondok Ungu dgn harga Rp 70rb dgn membawa  tas ala pemudik sejati. Jam 4.25 kami sampai kePool bis Sumber Alam, ternyata sdh ada antrian panjang didepan loket tiket bis, langsung aku menuju antrian, istri,anak2ku dan pengasuh serta anaknya ikut serta kemudian istirahat tak jauh dari barisan antrian, Kok antriannya tidak maju2, tertawa dalam hati, jujur ini pengalaman pertamaku mengantri diloket bis sepanjang ini.
           Sebagai gambaran Tiket bis Sumber Alam pada saat musim lebaran ini tidak melayani pemesanan tiket, beda kalo bukan musim lebaran, krn aku dan istriku ketika datang utk memesan tiket tidak bisa,
Tidak terasa sudah jam 6 sore msh mengantri, ternyata ada pemberitahuan bahwa loket tidak menjual tiket sebelum ada konfirmasi bis yang akan masuk kepool bis sumber alam ini, terdengar teriakan dari calon penumpang, masuk logika juga sih, arus mudik kali ini bisa memungkinkan bis bisa macet berjam2 lamanya,
Waktu Maghribpun tiba, gantian anaknya bude pengasuh anakku pun mengantri menggantikan aku, lumayan, waktu berbuka puasa kali ini air putih dan bakwan, bergegas aku sholat maghrib dan isya sekalian, takut kalo tidak kebagian waktu isya,sehabis itu aku langsung makan ayam plus sambel buatan istriku dan segelas kopi, mantap....
            Akupun menggantikan anaknya bude mengantri, tak terasa sudah jam 7 malam,satu persatu antrian calon penumpang maju, dan terima nasib bis apa yang akan dinaiki, Jam 8 malam aku sholat Isya, ternyata masih kebagian waktu Isya dan masih belum dapat tiket bis. Gantian mengantri lg aku langsung kemusholla pool bis Sumber Alam ini , habis sholat isya langsung aku sholat tarawih dan witir sekalian, hitung2 istirahtkan kaki. Aku,istri dan kedua anakku istirahat diMusholla ini, sedangkan bude duduk didepan .
Jam 8.45 malam msh blm dpt tiket, seperti yg saya sebutkan diatas, sistem yg dianut pool bis ini adalah tergantung dari info bis yg masuk kepool. harga tiket masa mudik lebaran 2013 ini adalah ekonomi rp 106.000, ekonomi Ac 145rb, Patas Non AC 175rb, Bisnis AC non Toilet 230rb dan Executive Toilet AC 255rb (mohon maaf kalo harga tiket ini kurang atau lebih,krn tulisan ini berdasarkan ingatan saja).
             Melepas Jenuh aku mengajak sibungsu kedepan jalan raya pool bis ini, ternyata setelah kuperhatikan sdh banyak pemudik motor yang lewat jalan ini, terlihat dari barang bawaan dibelakang jok motor yg super duper banyak dgn hanya dipasang kayu dan papan dibelakang jok motornya.

                  B. Dapat Tiket

                Akhirnya jam 9.15 malam setelah berjam2 mengantri ,tiket didapat juga, tanpa Ac dgn harga 175rb, gerah tp lumayan. Jam 9.30 malam bis langsung berangkat, aku duduk dgn sarah, istri,sibungsu dan bude. Ups hampir lupa kasih Antimo buat Sarah, 9.45 masuk tol Cakung, susah juga menulis sambil bis berjalan, Sarah dan Syafiq tertidur, lampu dalam bis dimatikan oleh supir secara otomatis utk memberi kesempatan kami tertidur, seiring itu bis melaju kencang, jam 22.00 memasuki tol bekasi timur ramai lancar, jam 22.30 sampai gerbang tol Cikarang Utama ,padat merayap,jgn2 macet nih, Bis Sumber Alam yg aku naiki mengambil jalur kiri terus, ini dikarenakan jalur kanan dan tengah padat merayap, sedangkan jalur kiri msh bisa berjalan agak cepat. Di Gerbang Tol Cikarang Utama ini banyak polisimemberi kode bahwa gerbang tol Cikarang Utama ini hampir semuanya dikhususkan buat jalur mudik, hanya 3 loket tiket tol yg digunakan buat arah Jakarta, Jam 23.00 berada di KM45 arah Cikampek lancar, bis melaju kencang. Jam 23.45 sampai gerbang tol Cikampek, 500 meter dari gerbang tol padat merayap, mungkin ini saatnya bermacet2 ria, Jln raya Cikopo macet........Jam 1 malam dinihari msh dijalan ir.Juanda Cikampek, ampun deh......Sesekali aku melihat istri dan anak2ku, msh tertidur, Bis tidak maju sama sekali, untung malam hari walaupun bis tanpa ac to udara malam yg masuk melalui jendela mendinginkan udara. Tak terasa jam 3.30 pagi kami sahur dgn ayam goreng kremes dan sambal terasi ditambah udara malam yg dingin serta air putih, syafiq dan Sarah terbangun. Beberapa mesin bis sengaja dimatikan oleh supir krn memang tidak bisa maju sama sekali, ini terjadi ketika akan menuju simpang jomin,padat....aku teridur setelah semalaman tidak bisa tidur sambil menulis pengalamanku ini, ketika aku bangun jam 6.45 pagi, bis sdh memasuki wilayah pantura, padat merayap pelan, beda dgn semalam, begitu juga arus kearah jakarta-cikampek sama saja merayap pelan, terlihat letih wajah para pemudik.
          ternyata macetnya akibat adanya antrian yang sangat panjang dipom bensin daerah subang, terlihat jalanan didominasi oleh pemudik motor yang mengambil jalur kiri, setelah melewati pom bensin tersebut jalanan lancar kembali, ada ratusan ? kendaraan motor dan mobil berhenti berisitrahat disanan, tercatat ada 3 kecelakaan yg saya lihat pertama motor terjatuh, mobil pecah ban dan tabrakan mobil pickup dan mobil polisi. Akibat kecelakaan itu otomatis kami tersendat kembali. Tak terasa sudah 12 jam kami berada dibis ini, Sarah tadi muntah, tapi kemudian sehat kembali sedangkan sibungsu tampaknya senang2 saja, tidak seperti yang aku perkirakan dia teriak2 kegirangan dalam bis.

               C. Menahan Buang Air Kecil

           Yang harus dan wajib diketahui buat para pemudik pengguna bis, bahwa penumpang wajib menahan
 buang air kecil atau mungkin besar selama perjalanan, ini dikarenakan bis tidak bisa berhenti  se
lama dalam perjalanan, menurut informasi bis berhenti di lokasi tertentu saja, waduh.......mungkin ini yang harus menjadi masukan bagi bos2 pemilik PO bus utk memperhatikan penumpang.
Jam 10.30 kami akhirnya berhenti disebuah rumah makan didaerah Pamanukan, Kami satu bis berlari2 kecil karena bisa dibayangkan sedari tadi malam kami baru berhenti ditempat yang ada toiletnya sekarang ,Sayang masih belum waktu Dzuhur, setelah membayar toilet 2rb perorang kami membeli air putih dan bekal nasi untuk berbuka puasa nanti, sebab diinformasikan bis tidak akan berhenti lagi, waduh benar2 pengalaman yang tak terlupakan buat keluargaku,
Jam 11.45 kami terjebak macet didaerah Kertawinangun Indramayu, ternyata ada reporter Tv, sehingga berkerumunlah orang menontonnya ya sudahlah.....Memasuki daerah Eretan Kandang Haur, bau khas air laut dan tambak udang menusuk hidung kita, Jam 1.07 kami tiba di perbatasan Cirebon, Jam 1.25 tiba di Arjawinangun Cirebon, jam 1.30 sampai digerbang tol Kanci, jam 2.30 keluar dari Kanci Pejagan, masuk Brebes. Singkat Cerita Ternyata pas jam 5.30 kita sampai di Ajibarang dan memasuki Rumah Makan Bis Sumber Alam dengan pernak pernik PO Sumber Alam, kami foto2disana, charge Hp sekalian sholat dan berbuka puasa.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami yang tidak beberapa lama lagi sampai ketujuan pool bis Kutoarjo, Kebumen lancar dan akhirnya sampailah kita dipool bis Sumber Alam Kutoarjo, ternyata adik ipar dan mertuaku sudah sampai disana untuk menjemput kami .












No comments:

Post a Comment